Cara Merubah atau Mengedit NISN, Nama, dan Tanggal Lahir Siswa

Yang dimaksud dengan Cara Merubah atau Mengedit NISN, Nama, dan Tanggal Lahir Siswa adalah melakukan proses perubahan data siswa sesuai dengan aturan yang ditentukan, yaitu merubah data siswa tersebut diatas yang ada di aplikasi dapodik dengan mengajukan perubahan data pada menu edit data di situs Verval PD.

Belakangan ini memang banyak beredar informasi terkait cara merubah data siswa yang ada di aplikasi dapodik dengan menggunakan cara pintas menggunakan metode inspect element. Perubahan data pada aplikasi dapodik memang bisa dilakukan dengan metode tersebut, namun perubahan yang terjadi hanya bersifat lokal terbatas pada aplikasi dapodik yang terinstal di komputer saja. Sedangkan data yang ada di server pusat tetap tidak berubah karena untuk merubahnya harus melalui mekanisme yang telah ditentukan yaitu melakukan pengajuan edit data melalui situs Verval PD.

Perubahan data pada aplikasi dapodik dengan metode inspect element, jika dipaksakan bisa berpotensi menimbulkan data ganda pada server sehingga bukan menyelesaikan masalah tapi menambah masalah baru dikemudian hari.

Bagi rekan-rekan operator sekolah yang sudah terlanjur menggunakan metode inspect element kami sarankan untuk segera melakukan perubahan data sesuai dengan prosedur yang ditentukan. Memang cara yang akan dipakai nantinya bisa dibilang lebih merepotkan dengan upload data dan masih harus menunggu persetujuan oleh PDSP namun yang terpenting cara ini aman dan tidak berpotensi menimbulkan masalah.

Berikut cara aman merubah NISN, nama, dan tanggal lahir siswa :

MELAKUKAN PERMOHONAN PERUBAHAN NISN

  1. Silahkan login di situs Verval PD melalui http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id
  2. Pilih menu Edit Data > Pengajuan > klik pada NISN
  3. Klik tombol Pilih Siswa
  4. Cari dan klik data siswa yang akan dirubah NISNnya selanjutnya tekan tombol OK
  5. Isi kolom NISN Baru dengan NISN yang diinginkan, lalu klik tombol Check NISN disebelahnya.
  6. Klik oke pada tabel konfirmasi jika NISN baru adalah benar-benar milik siswa bersangkutan.
  7. Selanjutnya upload dokumen perubahan / dokumen pendukung seperti: Kartu NISN, Data BOS, SKHU, atau pendukung lain yang relevan (pilih salah satu)
  8. File yang diupload diharuskan berformat JPEG atau PNG (ukuran file dibawah 1 mb)
  9. Terakhir klik tombol Pengajuan Perubahan.
  10. Tunggu hasil persetujuan max. 2 x 24 jam, hasil persetujuan nantinya dapat dicek melalui menu Referensi dengan menampilkan perubahan yang diinginkan

MELAKUKAN PERMOHONAN PERUBAHAN NAMA & TANGGAL LAHIR
  1. Silahkan login di situs Verval PD melalui http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id
  2. Pilih menu Edit Data > Pengajuan > klik pada Nama & Tanggal Lahir
  3. Klik tombol Pilih Siswa
  4. Cari dan klik data siswa yang akan dirubah Nama atau Tanggal Lahir atau kedua-duanya selanjutnya tekan tombol OK
  5. Isi kolom kosong Nama Baru dan Tanggal Lahir dengan data yang diinginkan ( jika hanya salah satu saja yang ada perubahan contoh tanggal lahir saja yang salah, maka kolom nama tetap diisi sesuai dengan nama yang ada sebelumnya dan sebaliknya)
  6. Selanjutnya upload dokumen perubahan / dokumen pendukung seperti: Akte Kelahiran, Kartu Keluarga, Ijazah terakhir, atau pendukung lain yang relevan (pilih salah satu)
  7. File yang diupload diharuskan berformat JPEG atau PNG (ukuran file dibawah 1 mb)
  8. Terakhir klik tombol Pengajuan Perubahan.
  9. Tunggu hasil persetujuan max. 2 x 24 jam, hasil persetujuan nantinya dapat dicek melalui menu Referensi dengan menampilkan perubahan yang diinginkan

CATATAN:
Status permohonan dapat dipantau melalui:  Pilih menu Edit Data > klik pada Status

situs: Disini

0 Response to "Cara Merubah atau Mengedit NISN, Nama, dan Tanggal Lahir Siswa "

Post a Comment